Libur Lebaran, Yogya Harus Bersiap Sambut Lonjakan Wisatawan

YOGYA, KRJOGJA.com – Libur cuti bersama Lebaran tahun ini diprediksi akan diimbangi dengan lonjakan tingkat kunjungan wisatawan. Kota Yogya pun harus bersiap menyambut kehadiran wisatawan sebagai momentum mengangkat citra pariwisata sekaligus kebangkitan ekonomi.

Wakil Ketua DPRD Kota Yogyakarta HM Fursan, mengaku seluruh elemen baik pemerintah maupun pelaku pariwisata harus mengantisipasi oknum yang memanfaatkan untuk kepentingan sesaat namun mencoreng citra wisata. “Jangan ada lagi kasus nuthuk tarif parkir maupun harga makanan hingga calo toko oleh-oleh. Itu akan membuat wisatawan jera dan menimbulkan kesan tidak baik,” paparnya kepada KRJOGJA.com beberapa waktu lalu.

Sebagai daerah tujuan wisata, imbuh anggota Fraksi PAN ini, maka Kota Yogya harus menjadi tuan rumah yang baik. Apalagi gerbong ekonomi di kota ini ditopang dari industri pariwisata dan jasa. Sehingga jika semakin banyak wisatawan yang datang, perputaran ekonomi yang dirasakan oleh warga juga semakin merata. Para pelaku wisata yang selama dua tahun lalu terpuruk pun bisa menjadi titik bangkit.

“Tetapi kalau wisatawan merasa jera maka dampaknya akan luas. Pengalaman beberapa kasus viral seperti aksi nuthuk harga serta pengayuh becak yang menjadi calo toko oleh-oleh harus menjadi pelajaran kita semua. Jangan sampai itu kembali terjadi,” tambah Fursan.

BERITA REKOMENDASI