Libur Sekolah, Skrining Siswa Disiapkan

YOGYA, KRJOGJA.com – Dinas Kesehatan Kota Yogya tengah menyiapkan skema skrining bagi siswa yang kini tengah menjalani libur sekolah. Langkah tersebut guna memastikan potensi penularan Covid-19 ketika memasuki tahun ajaran baru.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogya Emma Rahmi Aryani, menjelaskan sesuai hitungan epidemiologi masa inkubasi virus Korona ialah 14 hari atau dua pekan. Sedangkan masa libur sekolah menghadapi tahun ajaran baru juga sekitar dua pekan lebih. “Setelah dua minggu sesuai perhitungan epidemiologi itu maka kita skrining bagi anak-anak sekolah,” jelasnya, Jumat (1/7/2022).

Liburan sekolah dalam durasi yang cukup panjang biasanya kerap dimanfaatkan untuk melancong ke berbagai daerah. Aktivitas masyarakat pada waktu itu juga meningkat dibanding hari biasa. Terutama bagi wilayah Kota Yogya yang setiap hari kini didatangi oleh wisatawan dari berbagai daerah.

Meningkatnya aktivitas masyarakat serta pertemuan antarorang menjadi kewaspadaan terhadap penularan virus. Oleh karena itu, ketika tahun ajaran baru dengan sistem pembelajaran tatap muka diharapkan tidak terindikasi adanya potensi lonjakan Covid-19.

“Skrining untuk anak-anak sekolah itu nanti untuk antisipasi setelah dua minggu libur sekolah,” imbuh Emma.

BERITA REKOMENDASI