LKPD Diserahkan Awal, Pertanggunggjawaban Lebih Baik

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemkot Yogya berhasil menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran (TA) 2020 lebih awal dari tahun-tahun sebelumnya. Semakin cepat penyerahan laporan tersebut maka pertanggungjawaban keuangan pemerintah juga akan lebih baik.

Walikota Yogya Haryadi Suyuti, mengungkapkan penyerahan LKPD 2020 kepada BPK RI Perwakilan DIY tersebut merupakan salah satu wujud pertanggungjawaban Pemkot Yogya dalam pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). “Kami berupaya untuk mempercepat proses pertanggungjawaban penggunaan anggaran sehingga akan memudahkan proses publikasi dan pembangunan selanjutnya. Yang perlu digarisbawahi adalah cepat ini bukan berarti tergesa-gesa,” tegasnya usai seremoni penyerahan LKPK 2020 di Kantor BPK RI Perwakilan DIY, Jumat (15/1/2021).

Percepatan penyerahan LPKD tersebut sudah diawali pada tahun lalu. Pada saat itu LKPD berhasil diserahkan tepat sebulan setelah tutup buku atau 30 Januari 2020. Sedangkan pada tahun-tahun sebelumnya, laporan keuangan itu baru bisa diserahkan pada Maret atau tiga bulan setelah tutup buku tahun anggaran.

BERITA REKOMENDASI