Lumbung Pangan Mataram, Dispertan Kota Yogya Bina 3 Wilayah

YOGYA, KRJOGJA.com – Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertan) Kota Yogya untuk pertama kalinya menggulirkan kegiatan yang bersumber dari dana keistimewaan (danais). Melalui program Lumbung Pangan Mataram, tiga wilayah menjadi sasaran pembinaan hingga akhir tahun ini.

Kepala Dispertan Kota Yogya Suyana, menjelaskan tiga wilayah tersebut berada di Purbayan Kotagede, Suryodiningratan Mantrijeron, dan Blunyahrejo Tegalrejo. “Tahun lalu sebenarnya sudah ada empat wilayah untuk Lumbung Pangan Mataram namun itu di bawah pembinaan DIY. Sedangkan kami baru tahun ini dengan tiga wilayah sehingga totalnya nanti sudah ada tujuh wilayah,” urainya, Senin (19/10/2020).

Total alokasi danais untuk Lumbung Pangan Mataram yang baru pertama kalinya dikelola Dispertan Kota Yogya mencapai sekitar Rp 600 juta. Bentuk kegiatannya lebih bersifat pembinaan wilayah hingga mampu memproduksi hasil pangan secara mandiri.

Suyana menyebut, terdapat tiga aspek yang harus dipenuhi dalam menggulirkan program tersebut, yakni karbohidrat, protein dan sayuran. Sedangkan jenis sektor pertanian yang menjadi fokus garapan bisa disesuaikan kesepakatan di wilayah. “Misal untuk karbohidratnya bisa menanam ubi jalar, singkong atau lainnya. Begitu pula untuk protein bisa dari ayam, lele dan sebagainya. Kalau sayuran seharusnya beraneka ragam, tidak satu jenis,” imbuhnya.

BERITA REKOMENDASI