Lunas Haji Tahun Ini, Dipastikan Berangkat 2021

YOGYA, KRJOGJA.com – Calon jemaah haji yang sudah melakukan pelunasan biaya perjalanan ibadah haji (Bipih) pada tahun ini dipastikan akan berangkat tahun 2021 akibat adanya kebijakan penundaan jemaah. Namun bagi calon jemaah yang sudah lunas dan hendak mengambil dananya kembali, juga tetap dipersilakan.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Yogya Nur Abadi, menjelaskan total ada 317 calon jemaah haji asal Kota Yogya yang sudah melakukan pelunasan. “Pengambilan dana kembali ada risikonya. Sama seperti pembatalan untuk tidak berangkat tahun depan, karena yang sudah lunas tahun ini sudah pasti bisa berangkat tahun depan,” jelasnya, Rabu (3/6/2020).

Kendati demikian, bagi yang tetap ingin mengambil dananya kembali juga dipersilakan. Kantor Kemenag Kota juga masih menunggu aturan teknis dari pusat mengenai mekanismenya. Sedangkan bagi calon jemaah yang tidak mengambil, dananya akan dikelola oleh Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) dan nilai manfaatnya akan diberikan maksimal 30 hari sebelum keberangkatan haji.

BERITA REKOMENDASI