Makin Terampil, Damkar Kota Yogya Turut Layani Penyelamatan

YOGYA, KRJOGJA.com – Tim pemadam kebakaran (damkar) Kota Yogya kini turut melayani berbagai upaya penyelamatan yang mengancam keselamatan jiwa manusia maupun hewan. Hal ini seiring perubahan nomenklatur organisasi perangkat daerah (OPD) menjadi Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan.

Ketugasan tim damkar tersebut juga sudah diatur kewenangannya melalui Perda 1/2018 dan Perwal 67/2020. “Ketugasan tersebut masih kami sosialisasikan ke masyarakat. Makanya di setiap regu dilengkapi dengan personel yang memiliki kemampuan penyelamatan. Namun saat ini kami menekankan agar seluruh personel pemadam kebakaran pun memiliki keterampilan dasar untuk melakukan penyelamatan,” jelas Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Yogya Octo Noor Arafat, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Yogya justru menerima lebih banyak permohonan untuk melakukan berbagai penyelamatan sepanjang 2021. Hal ini karena saat ini tidak terlalu banyak terjadi kasus kebakaran. Sedangkan upaya penyelamatan yang paling banyak adalah permohonan evakuasi sarang tawon disusul evakuasi ular.

BERITA REKOMENDASI