Maksimalkan Penjualan, UMKM Didorong Go Digital

YOGYA, KRJOGJA.com – Anggota Komisi I DPR RI, Sukamta menyebut jumlah UMKM di Indonesia hampir melebihi jumlah petani. Namun, UMKM sampai saat ini belum maksimal memanfaatkan teknologi yang berdampak pada tidak terdongkraknya penjualan.

Permasalahan tersebut mengemuka dalam seminar daring bertajuk Pemenfaatan IT Dalam Rangka Mendukung UMKM Berdaya Saing, Jumat (19/3/2021) siang. Beberapa pembicara lain dihadirkan seperti Yuliandre Darwin, Ketua Dewan Pakar ISKI dan Masur Mashuri, owner Rumah Mesin.

Sukamta, mengatakan, begitu besarnya potensi marketplace di Indonesia ternyata tak sebesar banyaknya produk UMKM lokal yang terserap di dalamnya. Hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi seluruh pihak agar UMKM bisa bersaing.

“Bagi UMKM kita, juga jadi tantangan bagaimana bisa maksimal. UMKM kita banyak jumlahnya hampir sama dengan petani. Beda lho ya dengan konglomerat yang perusahaannya besar-besar. Tapi sayangnya, perbandingannya jika ada 100 ribu UMKM itu hanya 17 ribu yang masuk digital. Kalau ada 64 juta, hanya 10 juta yang masuk ke digital, ini sangat kecil dibandingkan dengan negara lain, yang produknya membanjiri marketplace,” ungkapnya.

BERITA REKOMENDASI