Masih Ada Penambang Pasir 4 Km dari Puncak Merapi, BPPTKG Ingatkan Zona Bahaya

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJOGJA.com – Kepala BPPTKG, Hanik Humaida menyampaikan pihaknya menerima informasi perihal adanya kegiatan penambangan pasir di kawasan 4 kilometer dari puncak Merapi. Padahal, rekomendasi zona bahaya sudah ditetapkan mencapai jarak 5 kilometer.

Kepada wartawan dalam sesi penjelasan daring, Jumat (13/8/2021), Hanik menyampaikan perihal penambang pasir memang berada di luar kewenangan BPPTKG. “Penambang pasir sebenarnya bukan bagian BPPTKG tapi kami dapat informasi penambang masih ada di daerah 4 kilometer,” ungkap Hanik.

BPPTKG menurut dia hanya bisa memberikan himbauan zona bahaya ketika terjadi erupsi Merapi. Untuk wilayah DIY, potensi bahaya mengarah ke barat daya dan tenggara seperti Kali Kuning, Boyong, Bedog, Bebeng dan Gendol.

“Simulasi yang kami lakukan, kalau volume 3 juta meter3 itu runtuh maka akan sampai 5 kilometer. Material yang longsor akan meluncur sejauh itu. Saat ini energinya memang sejak April mengalami kenaikan aktivitas, lalu setelah 7 Agustus mulai penurunan, sudah masuk fase efusi atau keluarnya magma ke permukaan,” tandas Hanik lagi.

BERITA REKOMENDASI