Masih Uji Coba, Kapasitas Pengunjung TWC Dibatasi 1500 Orang

YOGYA, KRJOGJA.com – Uji coba operasional Candi Borobudur dan Candi Prambanan berlangsung cukup baik. Meski begitu PT Taman Wisata Candi (TWC) terus melakukan evaluasi. Terutama yang berkaitan dengan penerapan batasan kapasitas pengunjung harian. Karena seperti yang diketahui bersama untuk tahap uji coba, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Candi Borobudur dan Prambanan setiap harinya dibatasi maksimal hanya 1.500 orang.

“Uji coba di sejumlah obyek wisata termasuk Candi Prambanan dan Borobudur berlangsung lancar. Bahkan responnya cukup bagus, buktinya saat akhir pekan, jumlah calon pengunjung telah melebihi kapasitas. Meski begitu protokol kesehatan tetap menjadi prioritas, sehingga jumlah wisatawan yang masuk tetap dibatasi maksimal.1.500 orang. Seperti hari minggu kemarin, karena kuota sudah terpenuhi pukul 14.00 WIB kami tutup,” kata Direktur Utama PT TWC Edy Setijono di Kompleks Kepatihan, Senin (13/7/2020).

Edy mengungkapkan,sebetulnya baik Candi Prambanan maupun Borobudur ?memiliki kuota cukup besar. Misalnya Candi Borobudur bisa menampung hingga 11 ribu wisatawan. Sementara berdasarkan protokol, batas kunjungan maksimal 50 persen. Artinya kapasitas maksimal dalam masa adaptasi baru mencapai kisaran 5.500 wisatawan.Kuota yang terpenuhi saat ini adalah 1.500 wisatawan. Angka tersebut masih kurang,namun pembatasan itu dilakukan sebagai upaya uji coba operasional adaptasi baru.

“Kalau untuk Candi Borobudur uji coba operasional sudah dilakukan sejak 25 Juni. Setelah itu disusul dengan Candi Prambanan pada 1 Juli. Karena masih dalam tahap uji coba operasional, dikedua destinasi wisata tersebut ada pembatasan kuota masing-masing 1500 pengunjung untuk setiap harinya,” terangnya.

BERITA REKOMENDASI