Media Miliki Peran Dongkrak Pariwisata

SLEMAN, KRJOGJA.com – Sektor pariwisata terus didorong agar berlahan pulih. Dalam waktu dekat Dinas Pariwisata Sleman juga mempunyai tiga agenda yang bisa mendatangkan wisatawan. Dalam hal ini peran media sangat penting, khususnya dalam memberitakan DIY khususnya Sleman merupakan destinasi wisata yang aman saat pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Pariwisata Sleman Sudarningsih mengatakan, diadakannya event dan dibukanya obyek wisata ini juga butuh peran media dalam hal publikasi. Bahkan media juga sangat efektif dalam menyampaikan informasi ke masyarakat. Sehingga dalam elemen penta-helix media selalu dilibatkan.

“Sehingga sinergitas Penta-helix yakni pemerintah, akademisi, pelaku usaha, komunitas, serta media selalu terjaga. Khususnya tentang destinasi wisata di Sleman ini aman dikunjungi,” jelas Sudarningsih dalam acara Seminar Promosi Pariwisata Sleman New Normal dari Sudut Pandang Media Massa, Selasa (25/8/2020).

Saat ini pihak Dinas Pariwisata Sleman mencoba mengadakan tiga event dalam waktu dekat. Yang terdekat Sleman Temple Run diadakan 27 September mendatang. Menurut Sudarningsih, event ini diikuti 500 peserta dari berbagai kota dan warga negara asing yang tinggal di Indonesia. Sleman Temple Run direncanakan mengambil start dan finish di Candi Banyunibo. Selanjutnya ada Tour De Merapi yang akan mengajak para biker mengeliling sejumlah desa wisata menggerakkan ekonomi masyarakat di seputaran desa wisata.

“Event ini juga dalam rangka menggerakkan ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Semua event ini tentunya menerapkan protokol kesehatan. Termasuk event lari Sleman Temple Run ini kami perhitungkan juga saat finish para pelari diusahakan agar tidak bergerombol,” terang Sudarningsih.

BERITA REKOMENDASI