Menyenangkan, Buruh Gendong Pasar Beringharjo Fashion Show di Hari Kartini

Editor: Ary B Prass

 

YOGYA, KRJOGJA.com – Hiburan segar sekaligus menyenangkan tersaji di Pasar Beringharjo Yogyakarta saat Hari Kartini, Kamis (21/4/2022). Di sana, puluhan buruh gendong berlenggak-lenggok di atas ‘panggung kucing’ bak peragawati.

Tidak seperti biasanya mereka tampil beda dan percaya diri. Beberapa lemah gemulai membawakan busana kebaya, sebagian lagi lincah memakai jarik. Penonton yang hadir tepuk tangan riuh rendah, tertawa lepas dan benar-benar terhibur.

Fashion show buruh gendong Pasar Beringharjo itu bagian dari kegiatan memperingati Hari Kartini yang diadakan Dharma Wanita Persatuan Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta bersama Komunitas Perempuan Berkebaya Indonesia Yogyakarta.

Para buruh gendong itu tampil apa adanya terlihat dari sebagian besar yang memakai sandal jepit. Kendati demikian tak menghalangi semangat mereka memeriahkan acara. Para buruh gendong yang berusia lanjut pun tak kalah untuk unjuk diri seperti model.

“Sekeca (menyenangkan). Seneng,” ujar Mursinah (79) salah seorang buruh gendong Pasar Beringharjo usai mengikuti fashion show, Rabu (20/4/2022).

Hal senada disampaikan Ngatinem (62) buruh gendong yang sudah beraktivitas sekitar 40 tahun di Pasar Beringharjo. Warga Kulonprogo itu dalam menjalankan jasanya terkadang juga memakai kain jarik dan kebaya seperti saat hari Kamis Pahing. Meskipun belum pernah ikut fashion show, Ngatinem tak perlu latihan dulu karena tampil adanya dengan kebaya dan kain jarik miliknya.

“Senang. Semangat karena hari Kartini. Langsung mendadak ini,” imbuh Ngatinem.

BERITA REKOMENDASI