Merapi Erupsi, Sultan: Tak Perlu Panik

YOGYA, KRJOGJA.com – Erupsi Gunung Merapi yang kembali terjadi pada Selasa (3/3/2020) masih termasuk kategori wajar, untuk itu masyarakat tidak perlu terlalu khawatir. Pasalnya aktifitas vulkanik yang terjadi secara berkala, jauh lebih baik dibanding satu kali letusan besar yang membawa banyak material dan berdampak langsung pada sekitar. Karena erupsi Merapi sudah beberapa kali terjadi, masyarakat di kawasan itu sudah tahu apa yang harus dilakukan jika aktivitas Merapi meningkat.

“Gunung Merapi merupakan salah satu gunung aktif di dunia. Jadi saya kira wajar jika terjadi erupsi seperti pada Selasa (3/3). Bahkan bagi warga disekitar Merapi, kondisi itu sudah beberapa kali dialami, jadi mereka tahu tindakan apa yang perlu dilakukan saat terjadi peningkatan aktivitas,” kata Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwana X di Kompleks Kepatihan, Selasa (3/3/2020).

Menurut Sultan warga di sekitar lereng Gunung Merapi sudah paham akan siklus gunung tersebut. Karena mereka sudah memiliki bekal terkait urusan dalam penyelamatan atau evakuasi diri. Mengingat warga disekitar Merapi sudah ?tahu tindakan apa yang perlu dilakukan.

Sementara itu saat dimintai tanggapan soal masih adanya aktivitas penambangan pasir di sekitar Gunung Merapi, Sultan menilai hal itu tidak menjadi masalah. Karena dirinya memiliki keyakinan para penambang akan berhenti menambang jika kondisi Merapi tidak kondusif.

“Saya tidak tidak begitu masalah, karena kalau mereka merasa terganggu dengan adanya aktivitas tersebut, nanti akan minggir sendiri. Pasalnya orang-orang di kawasan Merapi, sudah tahu apa yang harus mereka lakukan, tidak usah diajari, gitu,” ucap Sultan. (Ria)

BERITA REKOMENDASI