Merapi Keluarkan Awan Panas 3 Kilometer ke Tenggara

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJOGJA.com – Gunung Merapi masih terus mengalami proses erupsi. Jumat (25/6/2021) pagi, Merapi mengeluarkan awan panas yang mengarah ke bukaan kawah tenggara sejauh 3 kilometer.

BPPTKG mencatat, guguran awan panas terjadi pukul 04.43 WIB tadi mengarah ke tenggara. Guguran terpantau terjadi tiga kali dalam waktu hampir bersamaan terekam dengan durasi 61, 132 dan 245 detik sejauh maksimal 3 kilometer.

Bebarengan dengan luncuran awan panas, Merapi juga mengeluarkan kolom asap setinggi 1000 meter di atas puncak. Luncuran awan panas sendiri terpantau dari CCTV Merapi Panguk.

Sepanjang pukul 00.00 hingga 06.00 WIB, tercatat tiga luncuran ke tenggara seperti dijelaskan di atas, juga 5 guguran lava pijar ke arah barat daya dan 6 kali ke arah tenggara. Jarak luncur lava pijar maksimal 1000 meter.

Kepala BPPTKG, Hanik Humaida menjelaskan terdapat laporan hujan abu di beberapa lokasi pasca awan panas pukul 04.43 WIB tadi. Masyarakat dihimbau tetap tenang dan mematuhi rekomendasi untuk tidak beraktivitas di area lima kilometer dari puncak Merapi.

“Masyarakat juga diminta mengantisipasi gangguan abu vulkanik seperti menggunakan masker dan menutup penyimpanan air,” ungkap Hanik pada wartawan melalui pernyataan tertulis.

Status Merapi sendiri hingga kini masih berada pada level III (Siaga). (Fxh)

BERITA REKOMENDASI