Meski Sempat Terjadi Hujan, Wilayah DIY Sudah Masuk Musim Kemarau

YOGYA, KRJOGJA.com – Hujan dengan intensitas ringan sampai sedang yang terjadi di sebagian wilayah DIY dalam beberapa waktu terakhir bukan menjadi indikator dari datangnya musim penghujan. Secara umum, iklim di awal bulan Juni untuk wilayah DIY sudah memasuki musim kemarau. Walaupun pada awal Juni di wilayah Utara seperti Sleman masih terjadi hujan, tetapi masih masuk kriteria hujan rendah.

“Saat ini wilayah DIY sudah memasuki musim kemarau. Hal itu terlihat dari hasil monitoring data-data curah hujan dasarian (10 harian) dari beberapa pengamatan alat pengukur curah hujan yang tersebar di DIY. Dari data itu nampak di sebagian besar wilayah DIY menunjukkan dasarian 1 Juni curah hujan berkisar 0 sampai 10 mm/dasarian,” kata Kepala Kelompok Data dan Informasi BMKG Staklim Mlati Yogyakarta, Etik Setyaningrum MSi di Yogyakarta, Sabtu (12/6/2021) malam.

Perlu diketahui suatu daerah dikatakan sudah memasuki masuk musim kemarau apabila curah hujan dalam 1 dasarian kurang dari 50 mm. Dimana kondisi itu diikuti beberapa dasarian berikutnya secara konsisten.

BERITA REKOMENDASI