Minyak Kelapa Solusi Atasi Minyak Goreng Langka?

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJOGJA.com – Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP)  melalui Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Yogyakarta Magelang menggelar Millennial Agriculture Forum (MAF) sebagai wadah edukasi dan diskusi bagi masyarakat luas. Helatan MAF Volume 3 Edisi 16 kali ini mengangkat isu Minyak Kelapa sebagai Solusi saat Minyak Goreng Langka serta Peluang Bisnisnya.

Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan saat ini Indonesia berada dalam kondisi yang tidak biasa-biasa. Pandemi Covid 19 dan climate change menjadi tantangan terbesar bidang pertanian dalam memenuhi pangan nasional.

“Pelan tapi pasti covid dan climate change menghadirkan krisis pangan global, Hal ini sudah diperingatkan oleh FAO sejak awal pandemi. Kementerian Pertanian telah menyiapkan dan menjalankan langkah strategis untuk menghadapinya, diantaranya yaitu menggenjot produktivitas, menerapkan teknologi, menggunakan varietas-varietas unggulan, dan meningkatkan kualitas SDM pertanian,” papar Mentan SYL dalam dialog daring, Minggu (10/4/2022).

Senada dengan keterangan Mentan, KepalaBPPSDMP, Dedi Nursyamsi, membenarkan bahwa Climate change memengaruhi produktivitas dan produksi pangan dunia. Terjadi penurunan produktivitas pangan seperti kedelai, jagung dan sawit yang harus segera diurai secara solutif.

Memenuhi kebutuhan pangan dengan diversifikasi pangan lokal, menurut Dedi Nursyamsi menjadi salah satu kunci ketahanan pangan nasional. Menggenjot produktivitas dan produksi pangan dalam negeri, serta disaat yang sama lakukan diversifikasi pangan lokal harus dilakukan.

“Kita bisa mengganti kedelai dengan koro pedang, ganti daging sapi dengan daging ayam atau kelinci, dan diversivikasi minyak goreng sawit dengan minyak kelapa,” tandasnya.

BERITA REKOMENDASI