Muhammadiyah DIY Netral dalam Pilkada 2020

YOGYA, KRJOGJA.com – Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DIY melalui Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) menyampaikan sikap menyongsong tiga Pilkada 2020 di DIY yaitu Kabupaten Sleman, Bantul dan Gunungkidul. Muhammadiyah tetap bersikap netral.

“Muhammadiyah berdiri di atas semua kontestan dan teguh bersikap netral serta imparsial,” terang Ketua LHKP PWM DIY, Suwandi DS kepada wartawan saat jumpa pers di Kantor PWM DIY, Jalan Gedongkuning Yogyakarta, Jumat (20/11/2020). Turut mendampingi, anggota LHKP Farid B Siswantoro dan Muhammad Saleh Tjan.

Menurut Suwandi, Muhammadiyah mempersilakan anggotanya untuk berperan di dalam Pilkada, tetapi dengan keharusan menaati SK PP Muhammadiyah No. 41/KEP/I.0/B/2013. Bagi pimpinan Muhammadiyah atau Amal Usaha yang terlibat dalam tim sukses pasangan calon, maka oleh Muhammadiyah dinonaktifkan dari jabatannya, hingga Pilkada selesai.

“Ini dimaksudkan agar mereka (yang terlibat Pilkada) bisa fokus ke kegiatan suksesi Pilkada dan tidak menyeret persarikatan ke dalam politik praktis,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI