Mulai Gelar Lapak, APKLI DIY Berharap Pariwisata dan Kampus Segera Dibuka Penuh

YOGYA, KRJOGJA.com – Sebagian para pedagang kaki lima (PKL) yang tergabung dalam Asosiasi PKL Indonesia (APKLI) DIY sudah menggelar lapak dagangannya alias buka kembali seiring pelonggaran PPKM Level 3. Untuk itu, PKL di DIY berharap agar pariwisata dan perguruan tinggi bisa segera dibuka guna meningkatkan daya beli konsumen yang mengandalkan wisatawan dan mahasiswa selama ini.

“Sebagian PKL di DIY yang tersebar di kabupaten/kota sudah buka, tetapi belum rutin alias masih buka tutup menyesuaikan banyak tidaknya pembeli. Jadi teman-teman PKL kalau buka situasional karena mereka masih dalam kondisi wait and see,” ujar Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) APKLI DIY Mukhlas Madani kepada KR di Yogyakarta, Rabu (13/10/2021).

Mukhlas menyampaikan dari total setidaknya 20.000 anggotanya di DIY, sebagian telah buka kembali saat ini. Sedangkan sebagian anggota lainnya belum buka karena sudah banyak yang beralih profesi dikarenakan butuh pemasukan atau pendapatan. Terlebih PKL kuliner banyak yang memilih tutup sementara karena bahan makanan tidak tahan lama berbeda dengan PKL aksesoris.

“Teman-teman PKL Kuliner jika harus buka mikir dua kali karena bahan yang digunakan tidak tahan lama. Berbeda dengan PKL aksesoris atau baju yang semuanya sudah buka saat ini agar bisa mendapatkan pemasukan,” imbuhnya.

BERITA REKOMENDASI