Muncul Grafik Kenaikan Kasus Covid-19, Masyarakat Jangan Lengah!

YOGYA, KRJOGJA.com – Sejak awal November ini terjadi grafik kenaikan kasus Covid-19 yang ditemukan di wilayah. Kendati demikian grafik kenaikan tersebut dinilai masih terkendali karena di bawah 10 kasus per hari. Satga tetap meminta masyarakat agar tidak lengah.

Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Yogya Heroe Poerwadi, menjelaskan pada September dan Oktober grafik angka temuan kasus Covid-19 cenderung menurun. “Tetapi pada November ini pertumbuhannya memang ada sedikit kenaikan dibanding bulan sebelumnya,” jelasnya, Minggu (7/11/2021) malam.

Pada September dan Oktober jumlah kasus baru lebih sedikit dibanding jumlah pasien yang sembuh atau selesai isolasi mandiri. Sehingga grafik kasus aktif pun cenderung turun. Selama beberapa bulan pada Oktober bahkan kasus harian selalu di bawah lima kasus. Sedangkan pertumbuhan kasus pada awal November menyentuh angka lebih dari lima kasus per hari dengan jumlah pasien sembuh atau selesai isolasi mandiri lebih sedikit. Meski di atas lima kasus namun masih di bawah 10 kasus per hari.

Heroe menyebut, kenaikan kasus aktif di Kota Yogya juga terlihat dari jumlah pasien yang menjalani perawatan, baik di rumah sakit, selter maupun isolasi mandiri. Dalam lima hari terakhir terjadi kenaikan dari semula 43 pasien menjadi 55 pasien. Bahkan berdasarkan kajian epidemiologi pada awal November juga menunjukkan adanya satu kelurahan yang naik status ke zona oranye. “Sebelumnya tidak ada kelurahan yang masuk ke zona oranye tapi sekarang ada satu,” imbuhnya.

BERITA REKOMENDASI