Museum Bangkit, Gairahkan Pariwisata

YOGYA, KRJOGJA.com – Genap 50 Tahun (Tahun Emas) Badan Musyawarah Musea (Barahmus) DIY di tengah pandemi Covid-19 menggelar rangkaian acara Festival Museum Yogyakarta mulai 7 Agustus hingga penutupan 12 Oktober 2021 yang bertepatan dengan peringatan Hari Museum Indonesia yang puncaknya digelar di Yogya.

Acara digeber dengan semangat kebangkitan museum yang terpuruk di masa pandemi. “Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, rangkaian acara tahun ini berlangsung hingga 2 bulan dilakukan secara virtual/daring di tengah pandemi,” tutur Ketua Umum Panitia GKR Bendara dalam press conference Perayaan 50th Barahmus DIY, Sabtu (7/8/2021) secara virtual via zoom.

Disebutkan prosesi Pembukaan Festival Museum Yogyakarta 2021 Sabtu (7/8/2021) daring mulai pukul 10.00 pagi dengan potong tumpeng dan webinar kerja sama dengan Dinas Pariwisata DIY dan didukung Kementerian Komunikasi & Informatika. “Webinar mengambil tema ‘Peran Museum di Industri Pariwisata’,” ucap GKR Bendara, yang juga Ketua Badan Promosi Pariwisata DI Yogyakarta.

Webinar dengan keynote speaker Direktur IKPM Kementerian Kominfo Septriana Tangkary, membahas transformasi digital industri pariwisata. Hadir juga pembicara lainnya Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo, Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Bobby Ardyanto, Ketua ASITA DIY Hery Setyawan, juga Ketua Umum Barahmus DIY Ki Bambang Widodo.

“Peran Barahmus mendukung museum-museum di Yogya dan berbagai program kerjasama museum dan industri pariwisata,” jelas Ki Widodo.

Dalam pembukaan ini juga diluncurkan website Barahmus www.jogjamuseums.org, “Peluncuran Buku 50 Tahun Barahmus dan Penutupan akan dimeriahkan Pagelaran Ketoprak spesial lakon Pradnaparamitha,” terang GKR Bendara.(Vin)

BERITA REKOMENDASI