Musik Mandalasana Meriahkan Indonesia Raya Bergema

Selain di Kepatihan dan Kraton Yogyakarta, acara pencanangan serentak gerakan Indonesia Raya Bergema juga dilangsungkan di Pasar Beringharjo Yogyakarta. Pasar tertua dan legendaris ini dipilih sebagai pioner pusat perbelanjaan pertama di Yogyakarta yang bakal rutin mengumandangkan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya setiap jam 10.00 WIB.

Penghageng Kawedanan Hageng Punakawan Kridhomardowo Kanjeng Pangeran Hario Notonegoro mengungkapkan Pentas Musikan Mandalasana rutin digelar bertepatan dengan peringatan hari-hari besar nasional. Khusus momen Harkitnas tahun 2021 ini sekaligus turut memeriahkan gerakan Indonesia Raya Bergema yang dicanangkan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X.

“Kami di Kraton nantinya juga akan merelay live streaming pidato Ngarsa Dalem yang disiarkan dari Kepatihan,” terangnya.

Keberadaan abdi dalem musikan sebagai korps musik barat Kraton Yogyakarta diketahui sudah ada sejak era Sri Sultan Hamengku Buwono VIII (1921 – 1939). Namun di periode berikutnya sempat mengalami vakum selama beberapa dekade. Pada masa lalu abdi dalem musikan tampil untuk keperluan seremonial dan hiburan dalam acara-acara yang melibatkan pemerintah kolonial serta  tamu-tamu kerajaan yang berkunjung ke Kraton. Dua tahun terakhir keberadaannya dihidupkan kembali untuk melengkapi sajian budaya bagi para wisatawan yang berkunjung ke Kraton Yogyakarta.

BERITA REKOMENDASI