Musik Mandalasana Meriahkan Indonesia Raya Bergema

Para pemusiknya terdiri dari sejumlah abdi dalem, akademisi maupun pelaku seni yang berkecimpung dalam dunia musik. Kemunculan kembali abdi dalem musikan disambut antusias publik.

Jejak historis eksistensi abdi dalem musikan salah satunya dapat dilacak dalam toponim nama kampung. Di sisi timur persis pagelaran Kraton terdapat nama kampung Musikanan. Pada masa lampau kampung tersebut ditempati oleh para abdi dalem musikan yang tergabung dalam sejumlah kelompok korps musik Kraton. Ayah dari maestro violis Idris Sardi juga berasal dari kampung Musikanan. Masa kecil Idris Sardi kental dengan aktivitas musik di kampung Musikanan.

Pencanangan gerakan Indonesia Raya Bergema disiarkan secara live streaming lewat sejumlah kanal media sosial antara lain melalui Humas Pemda DIY, Dinas Kominfo DIY dan Kraton Yogyakarta serta disiarkan langsung lewat JTV.

Masyarakat luas dapat menyimak dan mengikuti rangkaian acara yang diharapkan menjadi awal gerakan pengumandangan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya secara kontinu sekali setiap pagi di ruang-ruang publik.

BERITA REKOMENDASI