Musik Mandalasana Meriahkan Indonesia Raya Bergema

Gerakan Indonesia Raya diinisiasi oleh jaringan aktivis kebangsaan lintas kalangan For You Indonesia dan mendapatkan dukungan dari stakeholder, mulai Gubernur, para rektor perguruan tinggi,  dunia usaha, kalangan artis nasional, tokoh-tokoh masyarakat dan sektor swasta lainnya. Beberapa pekan lalu For You Indonesia melakukan survey dan hasilnya 95% lebih masyarakat menyetujui Lagu Kebangsaan Indonesia Raya diperdengarkan di ruang-ruang publik secara kontinu.

Pembina For You Indonesia Gusti Kanjeng Ratu Hemas menyampaikan gerakan kebangsaan harus terus dihidupkan oleh seluruh lapisan masyarakat demi menjaga tegaknya kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia berlandaskan Pancasila dengan semboyannya Bhinneka Tunggal Ika.

Sebagai anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia, GKR Hemas mengatakan ia telah berkeliling dan mengunjungi banyak daerah di Indonesia dan menyaksikan betapa bangsa Indonesia sangat kaya dengan ragam etnis, suku, agama, bahasa, dan adat budaya.

Keanekaragaman ini harus dikelola dengan baik didasari oleh kesadaran untuk senantiasa rasa hormat menghormati antar satu dengan yang lain. Tidak perlu lagi mempersoalkan istilah mayoritas atau minoritas, semua sama posisinya sebagai warga negara yang memiliki hak dan kedudukan sama di depan hukum, terangnya.

Namun pada saat sama masing-masing orang memiliki kewajiban untuk dapat hidup secara bertanggung jawab dengan mengembangkan toleransi antar pemeluk agama berbeda, gotong royong sesama warga masyarakat, saling menghormati sesama, tidak mudah menghujat atau mengungkapkan ujaran kebencian dan lain sebagainya yang berpotensi mengoyak persatuan dan kesatuan. Semangat menjaga dan mencintai Indonesia itu salah satunya dapat terpelihara dengan mengingat dan meresapi setiap kata dalam syair Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, paparnya.

BERITA REKOMENDASI