Musim Hujan Datang, Pemangkasan Pohon Semakin Intensif

YOGYA, KRJOGJA.com – Kegiatan rutin berupa pemangkasan pohon perindang selama sepekan lalu semakin diintensifkan. Upaya tersebut sebagai antisipasi terpaan angin kencang ketika masuk musim hujan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogya Sugeng Darmanto, menyebut pemangkasan pohon perindang menjelang musim hujan sebagai antisipasi pohon tumbang.

“Kami intensifkan pemangkasan tajuk dan dahan untuk pohon-pohon besar dan pohon yang sudah terlalu rimbun sebagai antisipasi memasuki musim hujan,” katanya, Senin (4/10/2021) malam.

Menurutnya, pemangkasan pohon perindang merupakan kegiatan yang rutin dilakukan oleh DLH Kota Yogya setiap hari. Akan tetapi intensitas kegiatan ditingkatkan menjelang musim hujan. Pada saat ini, pemangkasan pohon perindang banyak dilakukan di ruas-ruas jalan protokol di Kota Yogya. Hal ini karena banyak terdapat pohon perindang dalam ukuran besar seperti di kawasan Kotabaru dan Jalan Kusbini, serta di Jalan Kolonel Sugiono.

“Petugas di lapangan juga selalu mencermati pohon-pohon perindang yang dikhawatirkan rapuh dan bisa tumbang saat hujan deras. Pohon yang rawan tumbang akan segera dipangkas,” imbuhnya.

BERITA REKOMENDASI