Ogah Terus Impor, DIY Siapkan Lahan 5.000 Hektare Bagi Kedelai Lokal

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pertanian (Kementan) menggulirkan program bantuan subsidi benih kedelai varietas lokal hingga pupuk bagi petani yang mau menanam. Salah satunya di DIY yang siap mengembangkan lahan pertanian seluas 5.000 Hektare untuk ditanami kedelai varietas lokal seperti Grobogan, Anjasmara dan sebagainya.

Plt Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) DIY Syam Arjayanti menyampaikan produksi kedelai lokal di DIY terus menurun sejak lima tahun terakhir ini. DIY hanya mampu memproduksi sebanyak 8.506 ton sedangkan kebutuhannya mencapai 38.823 ton pada 2020 lalu sehingga tidak heran mendatangkan dan memiliki ketergantungan tinggi terhadap kedelai impor.

“Padahal dari pusat sudah siap memberikan bantuan terkait tentang kedelai lokal, tetapi kita susah mencari petaninya. Karena petani mau menanam kedelai lokal tidak hanya bicara tentang usaha tani saja, tapi bagaimana terkait tentang harga dan pemasaran,” tandas Syam di Yogyakarta, Rabu (6/1/2021).

BERITA REKOMENDASI