Padukan Dua Konsep, Revitalisasi Trotoar Sudirman Tahap II Mulai Dikerjakan

YOGYA, KRJOGJA.com – Pekerjaan revitalisasi trotoar Jalan Sudirman tahap II akhirnya mulai dikerjakan. Proyek penataan jalur semi pedestrian itu ditargetkan akan selesai pada 23 Desember 2020 mendatang.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Yogya Hari Setyawacana, menjelaskan proses penandatanganan kontrak proyek tersebut memang paling akhir dibanding tiga proyek fisik lainnya. “Alhamdulillah berkasnya sudah selesai semua dan tandatangan kontrak juga sudah. Sekarang ini sudah ada persiapan lapangan dan tinggal jalan,” tandasnya, Kamis (17/9/2020) malam.

Tiga proyek fisik lain yang sudah berjalan ialah penataan trotoar sepanjang Jalan KH Ahmad Dahlan, pembangunan saluran air hujan (SAH) Jalan Kemasan, dan penataan kawasan Tugu Pal Putih. Tanda tangan kontrak ketiga pekerjaan itu pun sudah dilakukan sejak pekan lalu sehingga proses fisik di lapangan juga telah berjalan.
Hari menjelaskan, pekerjaan revitalisasi trotoar Jalan Sudirman tahap II sebenarnya satu kesatuan dengan penataan kawasan Tugu Pal Putih. Hanya, kedua proyek itu dikerjakan oleh dua pihak ketiga yang berbeda sesuai dengan perencanaan.

“Kedua pihak ketiga itu juga sudah kami pertemukan. Ini supaya nanti pekerjaannya bisa dilakukan beriringan kaitannya dengan penataan lalu lintas,” imbuhnya.

Oleh karena itu, jika revitalisasi trotoar akan dimulai sisi utara terlebih dahulu, maka penataan kawasan Tugu juga dimulai dari arah yang sama. Dengan demikian, rekayasa lalu lintas akan lebih mudah dan tidak saling bertubrukan. Hal ini karena selama proses pekerjaan, tidak akan dilakukan penutupan arus kendaraan.

BERITA REKOMENDASI