Pandemi Bertambah, Perlu Ketegasan dengan Kolaborasi

YOGYA, KRJOGJA.com – Pandemi Covid-19 yang semakin bertambah dalam kebangkitan pariwisata DIY ini kuncinya ada pada keseriusan dan ketegasan Pemda dalam melakukan monitoring dan evaluasi (monev). Juga Pemda diharapkan bisa menjaga industri pariwisata tetap bisa bernapas karena juga menyangkut kehidupan orang banyak dengan tetap menjaga kolaborasi.

“Semua SOP sudah ada, bahkan Pergub juga sudahb ada. Ketegasan di lapangan yg wajib dilakukan,” tegas Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) DIY, Bobby Ardyanto Setyo Ajie kepada KRJOGJA.com, Minggu (20/6/2021) malam.

Bobby menegaskan jika perlu bila pelaku usaha melakukan pelanggaran berulang-ulang bisa dicabut izin usahanya. “Dari sisi masyarakat jauh lebih extra dilakukan sosialisasi serta monev nya mengenai SOP dan Prokes karena merubah kebiasaan baru di masyarakat butuh efort yang kuat dan konsisten,” tegas Bobby.

Bobby menyatakan akan percuma kalau industri sudah disiplin tapi masyarakatnya masih rendah awarnessnya terhadap SOP dan Prokes. “Masalah Covid tidak hanya menjadi tanggung jawab Pemda DIY tetapi pelaku industri dan masyarakat sebagai ‘host’ yang bertanggung jawab seharusnya bisa menjadi kepanjangan tangan pemerintah,” tegasnya.

BERITA REKOMENDASI