Pandemi Covid-19 Ciptakan Kemiskinan Baru di Asia Pasifik

YOGYA, KRJOGJA.com Bank Dunia menyebutkan, pandemi Covid-19 telah memukul perekonomian di Kawasan Asia Timur dan Pasifik.

Dalam Laporan Ekonomi Bank Dunia untuk Kawasan Asia Timur dan Pasifik yang dirilis Selasa (29/9/2020), Covid-19 diprediksi akan menyebabkan kenaikan angka kemiskinan.

“Guncangan Covid-19 secara mengejutkan meningkatkan angka kemiskinan hingga 38 juta di tahun 2020,” demikian dikutip dari laporan Bank Dunia, Rabu (30/9/2020).

Dalam laporan tersebut, diprediksi angka kemiskinan di kawasan ini akan naik pertama kalinya dalam 20 tahun.

“Kawasan ini dihadapkan kepada serangkaian tantangan yang belum pernah dihadapi sebelumnya dan pemerintah menghadapi pilihan yang sulit,” ujar Wakil Presiden Bank Dunia untuk Kawasan Asia Timur dan Pasifik Victoria Kwakwa dalam pernyataannya.

Sebanyak 33 juga orang diprediksi akan tetap berada di garis kemiskinan, lalu tambahan 5 juta orang yang sebelumnya tidak masuk kategori miskin akan masuk ke kelompok tersebut.

Adapun, proyeksi ini didasarkan pada pengelompokan masyarakat dengan standar pendapatan kurang dari USD 5,5 per hari atau sekitar Rp 82 ribu per hari (kurs Rp 14.925 per USD).

BERITA REKOMENDASI