Pandemi Covid Bakal Lama, Ahli Pertanian Minta Masyarakat Kembali Bercocok Tanam

YOGYA, KRJOGJA.com – Ahli pertanian meminta masyarakat untuk kembali bercocok tanam untuk menyikapi pandemi Corona yang kemungkinan akan berlangsung lama dengan berbagai konsekuensi. Masyarakat bisa memanfaatkan teknologi sederhana untuk menanam di lokasi perkotaan yang tak punya lahan sekalipun.

Dr Partoyo, Mantan Dekan Fakultas Pertanian UPN Veteran Yogyakarta sekaligus Ketua LP3M mengungkap saat ini warga masyarakat memang perlu menguatkan ketahanan pangan tingkat rumah tangga dengan berbagai langkah. Di Kota Yogyakarta misalnya, adanya kampung sayur atau lorong sayur di gang-gang harus mulai dioptimalkan kembali untuk memenuhi kebutuhan warga.

“Mengoptimalkan pertanian perkotaan sangat mungkin dengan teknologi sederhana misalnya bertanam sayur di pot, kaleng bekas cat, plastik bekas refil minyak goreng dan sejenisnya. Di Jogja sudah dikembangkan kampung sayur atau lorong sayur, yang untuk saat kondisi pandemi ini bisa difokuskan skala tiap rumah,” ungkapnya ketika dihubungi KRjogja.com, Jumat (24/4/2020).

BERITA REKOMENDASI