Panen Lele Budikdamber, Meningkatkan Kemandirian Pangan

Editor: Ary B Prass

 

JETIS, KRJOGJA.com – Tim Program Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) diketuai  Dra Zuchrotus Salamah MSi melaksanakan kegiatan panen ikan lele hasil kegiatan Budidaya Ikan dalam Ember (Budikdamber). Pelaksanaan kegiatan berlangsung, Minggu (08/08/2021).

Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang didukung oleh UAD. Tim yang melaksanakan kegiatan ini Dra Zuchrotus Salamah MSi sebagai ketua, dan dua anggota lainnya Drs Hadi Sasongko MSi, Prof Dr Sabirin M dan beberapa mahasiswa yang turut terlibat dalam kegiatan. “Pelatihan ini menyasar masyarakat di Kampung Cokrokusuman, Kelurahan Cokrodiningratan, Kemantren Jetis Yogyakarta,” ujar Dra Zuchrotus Salamah MSi, Senin (09/08/2021).

 

Dijelaskan Salamah, kegiatan penyuluhan dan pelatihan Budikdamber telah dilakukan sejak tanggal 9 Juni 2021. Selain Budikdamber juga dilaksanakan penyuluhan mengenai pengelolaan lingkungan, serta mengenalkan gizi yang terkandung dalam makanan yang dikonsumsi dan kesehatan. Hasil kegiatan Budikdamber ini berupa ikan lele. Tidak hanya ikan lele dalam ember, di atas ember diberi tanaman kangkung yang dapat dipanen sampai beberapa kali, sehinga masyarakat Kampung Cokrokusuman dapat menuai hasil panen kakung dan lele dari kegiatan Budikdamber ini.

BERITA REKOMENDASI