Pangan Lestari, Gerakan Tanam Sayur Perlu Digalakkan

YOGYA, KRJOGJA.com – Masa pandemi Covid-19 mendorong masyarakat agar memiliki ketahanan pangan yang kuat. Untuk itu gerakan menanam sayur pun perlu digalakkan kembali. Tidak perlu lahan luas, melainkan memanfaatkan pekarangan atau halaman yang dimiliki tiap keluarga.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogya Sugeng Darmanto, menyebut sejumlah kampung sayur atau kawasan pangan lestari kini mulai menerima manfaat. “Ada beberapa kampung yang mulai panen sayur maupun cabai. Setidaknya di tengah pandemi wabah virus Korona, warga di kampung tersebut bisa memanfaatkan hasil tanamannya untuk konsumsi harian sehingga bisa tetap berada di rumah,” urainya, Senin (18/5/2020).

Gerakan menanam diakuinya sangat tepat dilakukan pada kondisi sekarang. Minat warga untuk melakukan aksi tanam juga meningkat. Selain mengisi waktu selama di rumah, aksi tanam juga mampu menghilangkan penat maupun stres. Sugeng pun mengaku, pihaknya sudah menyiapkan beberapa bibit tanaman sayur untuk diberikan ke gapoktan di wilayah.

BERITA REKOMENDASI