Para Pemuda ini Mampu Mengelola Lingkungan, Sekaligus Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Editor: Ary B Prass

Perkembang-biakan lele termasuk cepat dan menghasilkan keuntungan.
Program pengembangan TPS 3R Tuksongo Borobudur ini bekerjasama dengan Telkom Indonesia. Seluruh proses pengembangan ini saling berkaitan satu dengan lainnya. Harapannya selain mengelola sampah sehingga ramah lingkungan juga lebih menguntungkan dari sisi finansial, serta  bermanfaat untuk masyarakat sekitar.
Berkat program #DaurBikinMakmur tersebut masyarakat desa menjadi lebih “pintar” dalam pengelolaan dan pemanfaatan sampah. Saat ini, malah masyarakat sudah mulai melakukan pemilihan sampah secara mandiri.
Mustadi selaku GM Witel Magelang sangat mendukung kegiatan ini, dengan memberikan keleluasaan kepada tim Daur Bikin Makmur dalam berinovasi dan pengembangan selanjutnya.  Terbukti dengan munculnya system IT yang akan lebih memberikan nilai tambah.
“Sesuai dengan Purpose Telkom Group yang ingin mewujudkan bangsa yang lebih sejahtera dan berdaya saing serta memberikan nilai tambah yang terbaik bagi para pemangku kepentingan, kegiatan semacam ini sangat dibutuhkan masyarakat, dan melalui digitalisasi Daur Bikin Makmur akan menjadikan masyarakat lebih maju dan dapat dijadikan percontohan di tempat lain”, kata Mustadi.
Dalam waktu dekat, Milzam dan kawan-kawan dengan dukungan Telkom akan mengembangkan sistem IT untuk memonitoring project sampah sampai proses penjualan kepada masyarakat umum. Selain itu, pengembangan TPS nantinya akan menjadi destinasi wisata edukasi untuk meningkatkan awareness terhadap lingkungan dan pengolahan sampah.
Bulan Januari 2021  lalu, inisiatif anak-anak muda Telkom ini berbuah Penghargaan Honorable Mention dalam BUMN Corporate Communications and Sustainability Summit (BCOMSS 2021) untuk kategori Creating Shared Value terhadap program. Menteri BUMN Erick Thohir menyerahkan langsung penghargaan tersebut.
Keberhasilan gerakan #DaurBikinMakmur menjadi bukti di tangan anak muda yang tadinya  dirasa tidak mungkin menjadi mungkin. #AyoBikin Nyata. (*)

BERITA REKOMENDASI