Pasar Komunitas, Terobosan Tata Kelola Bahan Baku Bagi UMKM DIY

Artinya, upaya yang mendorong perbaikan pendapatan dari aspek hulu lalu peningkatan nilai tambah produk pada aspek hilir oleh UMKM dan Koperasi. Selanjutnya dipasarkan secara digital dan diharapkan akan mendorong perekonomian sektor riil. Apalagi situasi dan informasi menunjukkan level PPKM di DIY menunjukkan tren yang menurun, sehingga para pelaku usaha diharapkan bisa bersiap menyongsong era pemulihan ekonomi.

“Untuk itu, skema pasar komunitas ini perlu didukung dengan motivasi bisnis dan pemasaran agar UMKM bisa diyakinkan bahwa masa depan selalu memiliki jalannya, meski harus dijalani secara berliku. Dukungan dan sokongan yang mencerahkan sangat ditunggu oleh banyak pelaku usaha yang bersabar dan kreatif sambal menunggu meredanya situasi pandemi Covid-19,” jelasnya.

Paniradya Pati Kaistimewan DIY Aris Eko Nugroho menambahkan Pemda DIY tengah menyiapkan pasar komunitas untuk pemberdayaan dan akan menyerap bahan baku pangan yang mengalami fluktuasi harga. Koperasi pengolah akan membeli bahan baku kemudian diolah supaya meningkatkan nilai lebih terhadap olahan bahan baku tersebut.

“Setelah produk olahan tersebut jadi maka bisa dijual sendiri atau dijual kepada koperasi pemasaran termasuk bantuan ongkos kirim (ongkir) gratis juga sudah disiapkan melalui Danais,” imbuhnya.(Ira)

BERITA REKOMENDASI