Pastikan Protokol Kesehatan, Dispar DIY Gelar Simulasi Travel Agent dan MICE

Singgih menjelaskan upaya simulasi tersebut sskaligus menjadikan role model standar berwisata di DIY menuju era kenormalan baru. Mengingat perkembangan kegiatan kepariwisataan yang sudah berjalan di DIY ternyata masih banyak yang belum standar sesuai SOP protokol kesehatan.

“Kami sekaligus melakukan pemantauan pendataan dalam destinasi dengan menggunakan Aplikasi Visiting Jogja,” imbuhnya.

Simulasi tersebut diikuti 35 peserta perwakilan asosiasi pelaku pariwisata maupun instansi terkait yang dikemas agenda paket wisata 2 hari 1 malam serta didukung Dispar Kabupaten/Kota, PT Angkasa Pura 1, PT KAI serta Badan Otorita Borobudur (BOB) dan Bank Indonesia (BI) DIY. Simulasi dilakukan dari penjemputan di Stasiun Tugu dan keberangkatan melewati Bandara Internasional Yogyakarta (BIY). Rangkaian program tersebut antara lain hari pertama mengunjungi destinasi di Candi Prambanan, Tebing Breksi dengan Jeep Tour, Pegunungan Nglanggran dan Pinus Pengger dan diakhiri simulasi pelaksanaan MICE di hotel. Selanjutnya hari kedua dilakukan kunjungan di Malioboro, Museum Sonobudoyo, Kraton Yogyakarta dan hutan Mangrove Kadilangu kemudian berakhir di BIY.

“Selama kunjungan juga dilakukasi simulasi reservasi dalam jaringan (daring) Visiting Jogja yang sinergi dengan Jogja Pass,” tegas Singgih.

BERITA REKOMENDASI