Patroli Gencar Dilakukan, Sanksi Bukan Tujuan Penegakan Protokol Kesehatan

YOGYA, KRJOGJA.com – Sejak pertengahan September lalu Pemkot Yogya gencar menggelar patroli di wilayah untuk menegakkan protokol kesehatan. Meski banyak warga yang dikenai sanksi, namun hal itu bukan menjadi tujuan utama patroli.

Komandan Sat Pol PP Kota Yogya Agus Winarto, menyebut sedikitnya 500 warga terjaring patroli akibat tidak disiplin dalam menerapkan potrokol kesehatan di tempat publik. Terutama tidak menggunakan masker sesuai yang diatur dalam Perwal 51/2020. “Sanksi itu bukan tujuan kami dalam menggelar patroli. Tetapi bagaimana supaya warga itu bisa disiplin menerapkan protokol karena itu bagian mencegah penularan virus,” tandasnya, akhir pekan lalu.

Sebelum menjatuhkan sanksi, petugas Sat Pol PP Kota Yogya sudah intensif melakukan sosialisasi di masyarakat. Khususnya melalui gerakan Sapa Warga yang melibatkan unsur Linmas dan Dinas Kesehatan. Melalui gerakan tersebut, Dinas Kesehatan menerjunkan mobil dengan pengeras suara dan keliling ke wilayah. Sehingga masyarakat dinilai sudah paham pentingnya menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari. Terutama slogan 3M yakni menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak fisik.

BERITA REKOMENDASI