Paviliun JNM Bloc Resmi Dibuka Bagi Umum

YOGYA, KRJOGJA.com – Paviliun JNM Bloc, ruang kreatif publik hasil kolaborasi antara Yayasan Yogyakarta Seni Nusantara (YYSN) dengan Radar Ruang Riang (RRR) resmi dibuka bagi umum yang telah diresmikan oleh KPH Wironegoro dan Handoko Hendroyono yang mewakili kedua institusi tersebut pada Jumat (21/10/2021). Pembukaan Paviliun JNM Bloc yang berlokasi di Jalan Amri Yahya No.1 Gampingan Wirobrajan ini sekaligus menandakan dimulainya proses cipta ruang (placemaking) dan alih fungsi sebagian besar kawasan Jogja National Museum (JNM).

“Kerja bersama ini tidak hanya dilakukan secara bertahap, tetapi sekaligus melakukan berbagai inovasi baru untuk beradaptasi dengan kondisi selama pandemi Covid-19. JNM Bloc bisa menjadi wadah baru, tempat berkumpul layaknya melting pot bagi industri kreatif yang sangat terdampak di masa pandemi serta dapat menginspirasi sekaligus menumbuhkan budaya baru dalam penyelenggaraan event. Harapan lainnya dapat menjadi pusat studi tentang trend-trend di dunia kreatif,” tutur Ketua YYSN KPH Wironegoro.

JNM Bloc memanfaatkan aset bekas Gedung Kampus Akademi Seni Rupa Indonesia/Institut Seni Indonesia yang sangat bersejarah untuk diaktivasi sepanjang tahun sebagai ekosistem kreatif bagi berbagai acara seni, budaya, hiburan, pertemuan komunitas, hingga pemberdayaan bisnis UMKM. Pengembangan JNM Bloc akan dilakukan secara bertahap nantinya. Paviliun JNM Bloc dan sekitarnya telah hadir beragam tenant terkemuka yaitu Filosofi Kopi (kedai kopi), Serasa by Nanduto (kuliner Indonesia), ColdHeart (kedai minuman), Twalen (spirits), Huma Ide (gelato artisan), Karplanter (kedai tanaman), UMKM Berseri (fesyen dan kriya), hingga Photomatics (kedai foto).

“Yogyakarta merupakan jiwanya Pulau Jawa yang sangat terkenal hingga ke mancanegara. Oleh karena itu, kami sangat mendukung misi menjadikan JNM Bloc sebagai ekosistem kreatif sekaligus pusat kebudayaan regional maupun internasional, dimana seni, budaya dan hiburan dapat saling menghubungkan masyarakat melalui berbagai upaya kolaborasi, edukasi dan partisipasi,” ungkap CEO RRR Handoko Hendroyono.

BERITA REKOMENDASI