Pekan Depan Difungsikan, Shelter OTG Rusunawa Bener Terus Disiapkan

YOGYA, KRJOGJA.com – Kelengkapan fasilitas di rumah susun sewa sederhana (rusunawa) Bener Tegalrejo masih terus disiapkan. Hal ini guna mendukung difungsikannya sebagai shelter bagi pasien Covid-19 dengan status orang tanpa gejala (OTG). Pemkot Yogya pun memastikan seluruh fasilitas cukup memadai.

“Sesuai konsep Walikota, nantinya jika sudah difungsikan maka seluruh jajaran baik Sekda, asisten bahkan kepala daerah akan sering-sering menjenguk di rusunawa. Ini untuk memastikan bahwa pelaksanaan di sana difasilitasi dengan baik, dikelola dengan baik termasuk mengorganisasikan berbagai instansi yang terlibat,” jelas Wakil Walikota Yogya Heroe Poerwadi, Kamis (17/9/2020).

Sesuai rencana awal, Rusunawa Bener Tegalrejo akan mulai difungsikan sebagai shelter pasien OTG mulai Senin (21/9/2020) besok. Total ada 42 ruang dengan kapasitas maksimal 48 kamar. Fasilitas yang sudah tersedia antara lain air, listrik, kasur, meja dan kursi. Sedangkan yang sedang dilengkapi oleh Pemkot seperti tabung gas, peralatan memasak, piring, sendok dan perkakas lainnya.

Heroe mengaku, selama berada di shelter pasien OTG diharapkan tidak perlu dijenguk oleh anggota keluarga atau koleganya. Semua kebutuhan harian juga akan dicukupi oleh Pemkot. “Kita ingin berikan mereka tempat yang cukup dan layak untuk memulihkan kembali supaya virusnya bisa dilawan. Makanya tidak boleh dijenguk, dan kita siapkan mekanismenya apakah perlu dijemput sekaligus nanti diantar kembali,” tandasnya.

Durasi isolasi juga akan mengacu pada peraturan Menteri Kesehatan, yakni selama sepuluh hari. Jika dalam sepuluh hari isolasi terdapat gejala maka ditambah empat hari. Namun jika sudah benar-benar tidak ada gejala, maka masa isolasi dinyatakan berakhir dan dapat kembali berbaur di masyarakat.

Selain sebagai shelter bagi pasien OTG, Rusunawa Bener Tegalrejo juga akan difungsikan sebagai Posko Dukungan (Posduk) untuk penanganan Covid-19. Oleh karena itu ada beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) yang dilibatkan seperti Dinas Kesehatan, Sat Pol PP, Dinas Sosial maupun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Yogya.

“Sudah kita sosialisasikan ke masyarakat untuk keterlibatannya dari aspek lain. Justru kita berharap semua warga sehat-sehat sehingga tidak perlu ada yang mengisi shelter,” tandasnya.(Dhi)

BERITA REKOMENDASI