Pelaku Usaha Diberi Peluang ‘Self Assessment’

YOGYA, KRJOGJA.com – Pelaku usaha di industri pariwisata kini diberikan peluang melakukan ‘self assessment’ terhadap penerapan protokol kesehatan. Penilaian secara mandiri tersebut dapat diakses melalui aplikasi yang disediakan oleh Dinas Pariwisata.

Kepala Bidang Atraksi Wisata dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kota Yogya Edi Sugiharto, menjelaskan aplikasi ‘self assessment’ dapat diakses melalui laman pariwisata.jogjakota.id.

“Setelah membuka laman itu nanti tinggal mengunduh formulir dan mengisi pertanyaan. Jenis pertanyaan hanya berupa check list. Jadi tinggal menjawab ya atau tidak sesuai kondisi yang sebenarnya,” jelasnya, Sabtu (15/8/2020) malam.

Terdapat tiga jenis usaha yang dapat melakukan self assessment yakni objek dan destinasi wisata, jasa akomodasi dan perhotelan, serta usaha makanan dan minuman. Kemudahan akses tersebut guna mewujudkan standardisasi penerapan protokol kesehatan di tempat usaha pariwisata. Sehingga tempat wisata yang memenuhi syarat protokol akan memperoleh stiker terverifikasi.

BERITA REKOMENDASI