Pembahasan Masuki Tahap Akhir, Penurunan Tarif PBB Bisa Tembus 20 Persen

YOGYA, KRJOGJA.com – Rencana penurunan tarif Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) akan segera terwujud. Pansus Revisi Perda PBB sudah menyepakati perubahan prosentase tarif dan kelas Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) yang menjadi penentu PBB. Penurunan tarif pun bisa menembus 20 persen lebih dari ketetapan tahun ini.

Ketua Pansus Revisi Perda PBB DPRD Kota Yogya Nurcahyo Nugroho, menjelaskan pihaknya mendasarkan kajian tim akademis dalam menentukan prosentase tarif dan kelas atau range NJOP. “Salah satu yang sudah disepakati ialah menaikkan range NJOP untuk kelas lima. Jika dulu kelas lima itu untuk NJOP di atas Rp 5 miliar, nanti akan dijadikan Rp 50 miliar ke atas. Sedangkan yang NJOP Rp 5 miliar diturunkan menjadi kelas tiga,” urainya, akhir pekan lalu.

Tarif PBB selama ini mendasarkan dari kelas NJOP. Untuk kelas satu tarifnya 0,1 persen, kelas dua 0,125 persen, kelas tiga 0,160 persen, kelas empat 0,220 persen dan kelas lima 0,3 persen. Sedangkan besaran pokok PBB ialah dengan mengalikan tarif tersebut dengan NJOP setelah dikurangi NJOP tidak kena pajak. Dalam revisi Perda 2/2011 itu pun prosentase tarifnya turut dilakukan penyesuaian.

BERITA REKOMENDASI