Pembersihan Total Kawasan, Cegah Penularan Covid-19 di Obyek Wisata

YOGYA, KRJOGJA.com – Sejumlah upaya berkaitan dengan kedisiplinan dan penegakkan protokol kesehatan terus dilakukan oleh Dinas Pariwisata DIY. Untuk itu begitu Pemda DIY memutuskan untuk memperpanjang status tanggap darurat langsung ditindaklanjuti dengan surat edaran. Surat edaran tersebut dibuat untuk mengingatkan kembali kepada  seluruh kepala dinas pariwisata di kabupaten/kota dan semua usaha pariwisata untuk tetap melanjutkan ujicoba operasional secara terbatas.

“Penegakan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tanggan menjadi keharusan yang tidak bisa ditawar. Penerapan protokol kesehatan ini harus dilakukan untuk mencegah terjadinya penularan. Karena kalau sampai lengah dan sampai terjadi klaster baru, dikhawatirkan pariwisata bisa terpuruk. Supaya hal itu tidak terjadi protokol kesehatan harus benar-benar dijaga dan ditaati,” kata Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Rahardjo di Yogyakarta, akhir pekan lalu.

Singgih mengungkapkan, selain penegakan protokol kesehatan secara ketat, pengelola obyek wisata juga diingatkan agar ada satu hari yang digunakan untuk pembersihan total kawasan. Tindakan itu dilakukan selain untuk memudahkan pembersihan obyek wisata sekaligus meminimalisir terjadinya penularan. Apabila hal itu bisa dilakukan dengan baik, diharapkan wisatawan bisa merasa nyaman saat mengunjungi destinasi wisata.

BERITA REKOMENDASI