Pemda DIY Alokasikan Rp 12 M, Bantu Penguatan Permodalan UKM Terdampak Langsung PPKM Level 4

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemda DIY tengah menyiapkan penguatan modal berupa bantuan pinjaman permodalan sekitar Rp 12 miliar melalui APBD bagi pelaku usaha mikro kecil (UKM) yang terdampak adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat sampai Level 4 ini. Pengaturan bantuan modal usaha tersebut diserahkan kepada lembaga resmi berbadan hukum yaitu Koperasi nantinya.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY Srie Nurkyatsiwi mengatakan Pemda DIY akan memberikan penguatan modal kepada UKM di DIY yang merupakan anggota Koperasi yang terdampak langsung kebijakan PPKM Darurat maupun PPKM Level 4 saat ini. Upaya penguatan permodalan bagi pelaku UKM yang terdampak PPKM ini tengah berproses dibantu Kabupaten/Kota se-DIY.

“Kami sedang berproses mematangkan bantuan permodalan bagi UKM di DIY yang akan disalurkan via Koperasi masing-masing. Kami bersama Kabupaten/Kota sedang melakukan identifikasi anggota Koperasi yang terdampak langsung PPKM,” katanya kepada KRJogja.com, Rabu (28/7/2021).

Siwi menyampaikan penguatan modal pelaku UKM ini akan diberikan kepada Koperasi yang memilih anggota terdampak langsung pelaksanaan PPKM Darurat maupun PPKM Level 4. Pencairan modal bagi pelaku UKM terdampak PPKM ini akan diproses secepatnya setelah dilakukan identifikasi atau pendataan oleh Kabupaten/Kota.

“Pertama, uang tersebut akan ditransfer kepada Koperasi, lalu Koperasilah yang akan menggulirkan pinjaman modal tersebut kepada anggotanya dengan skema hibah atau bergulir untuk disalurkan bagi anggota lainnya yang memudahkan penguatan permodalan,” tandasnya.

BERITA REKOMENDASI