Pemda DIY Alokasikan Rp 12 M, Bantu Penguatan Permodalan UKM Terdampak Langsung PPKM Level 4

Editor: Ary B Prass

Lebih lanjut Siwi, menegaskan verifikasi pengajuan penguatan modal pun harus dilakukan berkoordinasi dengan Kabupaten/Kota antara lain Koperasi harus berbadan hukum Koperasi, anggotanya terdampak kebijakan pengetatan sejak PPPK Darurat sampai Level 4 ini, koperasi yang berada di kawasan tertentu dan sebagainya.

“Uang itu bisa digulirkan kepada koperasi maupun anggotanya yang terdampak PPKM agar mereka bisa beraktivitas ekonomi ke depan karena kita melihat penyelesaian dalam suatu kawasan. Dimungkinkan bisa dipinjamkan lagi kepada anggota lainnya yang terdampak langsung PPKM,” tambahnya.

Penguatan modal ini akan disalurkan kepada anggota lainnya secara bergulir mengikuti petunjuk teknis (juknis) dengan bunga sangat rendah. Selain penguatan modal, pihaknya selaku pembina Koperasi juga memberikan pembinaan sejauh mana pemanfaatan bantuan tersebut.

“Modelnya diharapkan bukan pinjaman jangka panjang, tetapi lebih sebagai penguatan modal atau pinjaman dari Koperasi agar mereka bisa beraktivitas. Karena saat  pandemi mereka masih punya modal, tetapi saat PPKM mereka tidak bisa berjualan maka uang yang seharusnya dipakai bagi usaha jadi konsumsi,” pungkas Siwi. (Ira)

BERITA REKOMENDASI