Pemda DIY Gulirkan Upaya Pendataan Hingga Pemberdayaan UMKM

YOGYA, KRJOGJA.com – Setidaknya lebih dari 85 ribu pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang terdampak pandemi Covid-19 di DIY mulai bangkit dan bergerak. Pemda DIY terus berupaya mendorong UMKM di DIY yang terdampak pandemi tersebut dengan melakukan pendataan, pengurangan beban dan pemberdayaan.

Asekda Perekonomian dan Pembangunan Setda DIY Tri Saktiyana mengatakan perekonomian UMKM di DIY saat ini sudah mulai bergerak. Ada tiga hal yang dilakukan yaitu pendataan guna mengetahui peta besar permasalahan yang dihadapi UMKM, pengurangan beban dan pemberdayaan UMKM. Mayoritas problematika yang dihadapi UMKM DIY di masa pandemi CovId-19 justru perihal pemasaran baru disusul pembiayaan.

“Dari data yang berhasil kami himpun, kami membantu pengurangan beban UMKM sesuai dengan permasalahan yang dialami agar tetap tumbuh dan eksis atau bertahan. Hambatan pemasaran tersebut salah satunya difasilitasi dengan gratis ongkos kirim (ongkir) karena belum memungkinkan melakukan pameran offline,” ujarnya di Komplek Kepatihan, Rabu (21/4/2021).

BERITA REKOMENDASI