Pemda DIY Hadirkan Pasar Komunitas: Terobosan Skema Pemulihan Ekonomi Melalui Pemberdayaan Koperasi dan UMKM 

Editor: Ary B Prass

 

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemda DIY berupaya mengembangkan ekosistem Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang tangguh dan transformatif menyikapi perubahan melalui upaya menumbuhkan agar UMKM naik kelas. Sehingga upaya kolaboratif dengan pihak manapun, akan terus dielaborasi secara apik dan kreatif asalkan memiliki semua pihak memiliki komitmen yang sama terhadap pemberdayaan ekonomi rakyat.

Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X menyatakan UMKM harus bisa naik kelas karena potensi UMKM di DIY sangat besar. Untuk itu, Pemda DIY senantiasa mengharapkan UMKM DIY agar maju. Tidak hanya sekedar Pemda yang berharap UMKM maju, tetapi UMKM itu sendirilah yang mau meningkatkan kinerjanya, harus memenuhi persyaratan jika ingin ekspor, produknya memenuhi standar dan sebagainya. Upaya ini digawangi oleh Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM) DIY.

” Kita sudah mengembangkan SiBakul Jogja dengan memberikan fasilitas gratis ongkos kirim (ongkir) bagi UMKM DIY yang terdaftar menjadi anggota dan ternyata bisa berjalan bagus selama masa pandemi Covid-19 ini. Jadi kita kembangan produk yang sifatnya pengumpulan bahan baku seperti cabai, bawang merah dan sebagainya sampai menjadi produk olahan dalam Pasar Komunitas. Hal ini sebagai upaya jika bahan baku itu dijual bisa punya nilai tambah yang bisa dinikmati masyarakat DIY,” ujarnya dalam Gelaran SiBakul di Kraton Kilen Komplek Kraton Yogyakarta, Sabtu (25/9/2021).

Gelaran SiBakul ini merupakan sebuah momentum dalam rangka pencanangan Pasar Komunitas, penutupan Gebyar Hari UMKM dan penandatanganan komitmen kerjasama antara PT Pos Indonesia Kantor Cabang Utama Yogyakarta dengan Diskop UKM DIY. Selain Gubernur DIY, hadir dalam kegiatan tersebut Anggota DPD RI GKR Hemas dan Afnan Hadikusumo, Istri Wagub DIY GKBRAA Paku Alam, Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji, Executive General Manager PT Pos KCU Yogyakarta R Bagus M Yusuf dan Ketua Program Studi Magister Manajemen FEB UAJY Jeanne Ellyawati.

Selanjutnya Asekda Perekonomian dan Pembangunan Setda DIY Tri Saktiyana, Kepala Bappeda DIY Beny Suharsono, Kadiskop UKM DIY Srie Nurkyatsiwi, Kadislautkan Bayu Mukti Sasongko, Kepala DPKP DIY Sugeng Purwanto, Kepala BBPOM Yogyakarta Dewi Prawitasari serta perwakilan Koperasi maupun perwakilan UMKM di DIY.

 

BERITA REKOMENDASI