Pemda DIY Kejar Cakupan Vaksinasi Covid-19 Dosis Lengkap

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJOGJA.com– Pemda DIY terus berupaya merampungkan pelaksanaan cakupan vaksinasi Covid-19 di DIY dosis lengkap dengan berbagai upaya percepatan saat ini. Hal ini dilakukan dalam rangka untuk mempercepat, memperluas dan mengakselerasi pencapaian herd immunity atau kekebalan komunal.

Dengan demikian, diharapkan proses pemulihan ekonomi segera terwujud, khususnya pembukaan pariwisata secara menyeluruh kedepannya. Pemda DIY pun tengah fokus mewujudkan ketahanan imunitas masyarakat sehingga Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) DIY memberikan dukungan data yang baik bagi pembuatan kebijakan terkait percepatan vaksinasi Covid-19.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) DIY Singgih Raharjo mengatakan pihaknya terus berupaya menyelesaikan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dosis lengkap bagi pelaku wisata, keluarga dan masyarakat sekitar destinasi dengan branding vaksin wisata. Kegiatan vaksinasi wisata ini memiliki daya tarik tersendiri di mana masyarakat dapat mengikuti kegiatan vaksinasi sekaligus rekreasi.

” Vaksin wisata memang kita laksanakan di tempat wisata sejak awal vaksinasi dosis pertama hingga dosis kedua saat ini. Kita adakan vaksinasi di Hutan Pinussari Mangunan, Tebing Breksi, Jogja Bay, Goa Selarong, Sindu Kusuma Edupark, Grand Puri Water Park dan sebagainya. Kegiatan mentargetkan penerima vaksin hingga lebih dari 29.000 orang yang tidak hanya diperuntukkan bagi pelaku wisata, tetapi keluarga dan masyarakat sekitar destinasi wisata,” tuturnya di Yogyakarta, Kamis (14/10/2021).

Singgih juga berharap adanya dukungan dan kolaborasi dengan Pemerintah Pusat khususnya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) agar vaksin wisata dapat menjangkau desa-desa wisata di DIY dengan skema jemput bola. Sebab desa-desa wisata di DIY ini masih sulit dijangkau karena terkendala dari sisi jarak dan akses.

” Dengan semangat bersama menegakkan protokol kesehatan, melakukan vaksinasi ini merupakan gerakan untuk menuju pariwisata yang sehat. Destinasi wisata yang akan dikunjungi wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara di kemudian hari. Jadi kita berharap pariwisata DIY akan semakin lebih baik,” tandasnya.

 

BERITA REKOMENDASI