Pemda DIY Kejar Cakupan Vaksinasi Covid-19 Dosis Lengkap

Editor: Ary B Prass

Kepala Bidang (Kabid) Keamanan Informasi dan Persandian Diskominfo DIY Sayuri Egaravanda yang disapa Sari menegaskan tengah cukup intens dalam proses pengelolaan data vaksinasi Covid-19 di DIY saat ini. Semisal berkoordinasi dengan Kemenkes RI untuk mendapatkan  data-data vaksinasi yang dilakukan pada masyarakat DIY. Data tersebut dipetakan, dilihat sebarannya kemudian dicocokkan dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dalam aplikasi PeduliLindungi.

” Target capaian vaksinasi pemerintah pusat ditetapkan 80 persen guna mencapai kekebalan komunal. Kami memastikan usia 12 tahun ke atas sudah harus divaksin, sehingga total sasaran sekitar 3 juta orang di DIY. Dari jumlah sasaran itulah yang dilakukan pemantauan setiap hari berkoordinasi data dengan pusat, pemetaan hingga persebarannya sampai tingkat Kecamatan/ Kapanewon dan Kelurahan. Dari mapping ini akan didapatkan daerah yang capaian vaksinasinya masih cukup rendah, sehingga bisa menentukan program kegiatan percepatan vaksinasi contohnya vaksinasi jemput bola dengan pertimbangan lokasi vaksin lebih dekat pada masyarakat,” terangnya.

Sari menjelaskan tujuan dari pengelolaan data ini ujungnya adalah memastikan kebijakan penanganan Covid-19 di DIY sudah tepat sesuai dengan data yang akurat untuk kemudian bisa ditindaklanjuti dengan intervensi percepatan vaksinasi. Kebijakan yang tepat berasal dari data yang akurat, Gubernur DIY sendiri sudah menekankan memilih melakukan kebijakan berbasis data, salah satunya supaya pencapaian pelaksanaan vaksinasi Covid-19 terukur. (Ira)

 

BERITA REKOMENDASI