Pemda DIY Pastikan Ketercukupan Stok Bahan Pangan Hingga Kelancaran Distribusi

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRjogja.com – Pemda DIY memastikan ketersediaan pasokan atau stok komoditas bahan pangan pokok tercukupi menghadapi momentum Hari Besar Keagamaan Nasional Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru). Selain itu, pihaknya sekaligus memastikan keterjangkauan harga dan kelancaran distribusi kebutuhan pangan sebagai antisipasi apabila terjadi lonjakan harga nantinya.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY Yanto Apriyanto menyampaikan pihaknya telah melakukan rapat koordinasi dengan pusat sekaligus melakukan pemetaan kebutuhan bahan pokok menghadapi HBKN Nataru. Pihaknya pun telah menerjunkan petugas di lapangan guna melakukan pemantauan harga bahan pokok sekaligus berkoordinasi dengan distributor maupun pelaku usaha di DIY.

“Dari hasil pemantauan bahan pokok tersebut, memang ada kenaikan harga yang biasanya sudah menjadi tren setiap momentum HBKN, tidak terkecuali pada saat Nataru. Komoditas bahan pangan yang kali ini mengalami kenaikan cukup signifikan dialami komoditas cabai yang mengalami penurunan produksi karena akhir panen dan dipengaruhi musim penghujan,” tuturnya di Yogyakarta, Senin (13/12/2021).

Yanto memaparkan harga komoditas cabai rawit merah naik signifikan dari Rp 55.300 menjadi Rp 67.700/Kg, disusul cabai rawit hijau dari Rp 56.700 menjadi Rp 60.300/Kg dan cabai merah keriting dari Rp 37.000 menjadi Rp 38.000/Kg. Selanjutnya kenaikan harga juga terjadi pada komoditas telur ayam ras dari Rp 21.300 menjadi Rp 23.800/Kg yang masih dibawah harga acuan sebesar Rp 24.000/Kg dan bawang putih kating dari Rp 25.700 menjadi Rp 26.000/Kg.

“Harga telur ayam ras kini merangkak naik sehingga peternak tidak terlalu merugi seperti bulan lalu dimana harganya sangat jatuh dan stoknya melimpah. Harga telur ayam ras berangsur-angsur naik seiring bertambahnya permintaan pasar jelang Nataru dan banyak yang menggelar hajatan,” jelasnya.

BERITA REKOMENDASI