Pemda DIY Raih 2 Penghargaan KPPU Award 2021

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJOGJA.com -Pemerintah Daerah DIY berhasil meraih dua penghargaan dalam Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) award 2021. Pertama untuk kategori Persaingan Usaha Tingkat Daerah, Pemda DIY bersama Propinsi Jawa Tengah dan Bali berada di peringkat Pratama. Untuk peringkat utama diberikan kepada Pemerintah Propinsi Jawa Barat dan Madya diberikan kepada Pemprop DKI Jakarta dan Lampung.

Penghargaan kedua di kategori Kemitraan Tingkat Daerah, Pemda DIY berhasil meraih peringkat utama. Untuk Madya diberikan kepada Pemda Jabar, Jateng dan Jatim. Sedangkan Pratama diberikan kepada Lampung, Sumut dan Kaltim.

Penghargaan diberikan oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin di Hotel Pullman Jakarta, Selasa (14/12/2021). KPPU Award kali ini mengambil tema ‘Persaingan Usaha, Kemitraan dan Pemulihan Ekonomi’. KPPU memberikan penghargaan atas dua kategori. Persaingan Usaha dan Kemitraan

bagi 11 Kementerian dan sembilan Pemerintah Provinsi yang memiliki kinerja terbaik dalam pelaksanaan kebijakan persaingan dan pelaksanaan Kemitraan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

Wakil Ketua KPPU Guntur S Saragih menekankan pentingnya persaingan usaha dalam pemulihan ekonomi ke depan. Sejalan dengan pesan Presiden Jokowi beberapa waktu lalu yang menyatakan, globalisasi telah melahirkan dunia yang diwarnai kompetisi super ketat. Oleh karena itu, satu pilar utama dalam menjaga kedaulatan adalah memenangkan kompetisi dan harus dilakukan dengan penemuan-penemuan baru atau inovasi.

“Intensitas persaingan usaha nasional diukur dari indeks persaingan usaha nasional yang sudah dikembangkan KPPU sejak tahun 2018. Berdasarkan hasil penilaian indeks persaingan usaha Indonesia mengalami peningkatan dari angka 4,65 pada tahun 2020 menjadi 4,81 dari skala minimal 7. Peningkatan indeks persaingan usaha tersebut dinilai positif bagi perkembangan ekonomi Indonesia, terlebih pada masa pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI