Pemda DIY Sebut Rp 340,5 Miliar Danais 2020 Bantu Biayai Covid, Pusat Sempat Tolak Anggaran Bantuan Seniman

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJOGJA.com – Kepala Paniradya Pati Kaistimewan, Aris Eko Nugroho mengungkap sebanyak Rp 340,5 miliar Dana Keistimewaan (Danais) dipakai sepanjang 2020 untuk membantu mengatasi Covid-19 di DIY. Namun begitu, sampai saat ini masyarakat disebut tak merasakan dampak positif langsung dari penggunaan danais tersebut.

Aris mengatakan pada tahun anggaran 2020 tercatat Rp 340,5 miliar Danais dipakai untuk empat sektor terkait Covid yakni pemulihan ekonomi, kesehatan, ketertiban dan pemberdayaan masyarakat. Namun, terkait bantuan langsung pada warga, Aris menyampaikan hal tersebut akan sulit dilakukan, terlebih pada 2020 pihaknya sudah memiliki pengalaman terkait anggaran bantuan untuk para seniman.

“Kami punya pengalaman mengusulkan dalam anggaran BTT untuk diberikan seniman sejumlah 340 orang berKTP seniman, itu tahun 2020 lalu. Kita coba susupkan tapi tak bisa kita cairkan. Keinginannya bagus tapi tidak bisa diwujudkan,” ungkap Aris melalui wawancara daring, Kamis (8/7/2021).

Terkait proyek infrastruktur yang terus berjalan dan menjadi perhatian warga masyarakat DIY, Paniradya mengungkap bahwa dalam hal tersebut pihaknya sudah terlanjur terikat kontrak sehingga mau tak mau harus diteruskan dan tak bisa melakukan pergeseran anggaran. Di sisi lain, untuk ketertiban, memang ada alokasi untuk Satlinmas Rescue Istimewa (SRI) yang sampai saat ini bergerak membantu penanganan Covid.

“Kalau menggeser infrastruktur, kalau sudah kontrak dan jalan maka sebaiknya jangan lah. Kalau belum, danais itu harus meminta ijin ke pemerintah pusat. Kita tinggal punya satu kali lagi meminta ijin ke pusat maka membutuhkan pencermatan sebelum dilakukan itu. Untuk ketugasan di lapangan, aktivitas tugas Satlinmas Rescue Istimewa punya tugas di antaranya kegiatan sosial kemasyarakatan. Kemarin membantu mengangkut jenazah dari rumah sakit, satgas Covid, operasi masker, penyemprotan dan operasi sosial lainnya,” tandas dia.

BERITA REKOMENDASI