Pemda DIY Siapkan Uji Coba Paket Wisata Berkualitas

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRjogja.com – DIY tengah mematangkan skema travel corridor untuk mendongkrak kunjungan wisatawan tengah kebijakan pembatasan mobilitas masyarakat seiring masih tingginya kasus pandemi Covid-19 di tanah air. Dinas Pariwisata (Dispar) DIY dan pelaku industri pariwisata tengah menggodok travel corridor ini bekerjasama dengan daerah lainnya baik di Jawa-Bali maupun di luar Jawa sebagai upaya memulihkan ekosistem pariwisata.

Kepala Dispar DIY Singgih Raharjo mengatakan program travel corridor ini sebenarnya akan direncanakan pada libur lebaran tahun ini, namun sayangnya ada kebijakan larangan mudik dari pemerintah pusat. Adanya pelarangan mudik tersebut otomatis membuat program travel corridor ditunda pelaksanaanya hingga waktu yang memungkinkan.

“Kita akan lebih mematangkan skema travel corridor ini, bahkan kita tengah merencanakan test atau uji coba tour lebih dahulu secara internal. Teman-teman industri pariwisata lah yang akan mempersiapkan paket-paket wisata pendek maksimal 2 hari satu malam,” katanya di Yogyakarta, Selasa (30/3).

Singgih menjelaskan paket-paket wisata yang tengah dikemas ini termasuk paket wisata sumbu filosofi yang rencananya akan jual kepada ASN maupun masyarakat DIY nantinya. Meskipun aktivitas pariwisata sudah mulai digerakkan, namun harus tetap diberikan jaminan sebagai upaya meminimalisir resiko penularan virus Korona dengan melaksanakan protokol kesehatan dengan ketat dan disiplin. Selain harus terverifikasi protokol kesehatan yang ketat, sarana prasarana pendukung tetap harus disiapkan dan harus mengantongi Cleanliness, Health, Safety and Environment (CHSE).

“Kita sedang menggodok travel corridor dengan syarat-syarat khusus saat ini. DIY dengan beberapa daerah baik di Jawa maupun di luar Jawa telah mempunyai kesepakatan bersama akan bekerja sama saling mengirimkan wisatawan dengan syarat-syarat yang sangat ketat,” tandasnya.

BERITA REKOMENDASI