Pemda DIY Terus Lakukan Percepatan, Ibu Hamil Sudah Boleh Vaksin

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJOGJA.com– Pemda DIY terus berupaya melakukan percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 khususnya sasaran vaksinasi terhadap warga lanjut usia (lansia), kelompok rentan, anak-anak dan kini ibu hamil.

Pemda bisa melaksanakan vaksinasi bagi ibu hamil mulai 2 Agustus 2021 sesuai Surat Edaran (SE) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) HK.02.01/I/2007/2021 tentang Vaksinasi bagi Covid-19 bagi ibu hamil dan penyesuaian skrining dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

” Ibu hamil sudah diperbolehkan untuk di vaksin Covid-19 berdasarkan SE Kemenkes HK,02.01/I/2007/2021 mulai awal Agustus 2021 ini. Vaksin Covid-19 yang bisa digunakan adalah Moderna, Prizer dan Sinovac sesuai ketersediaan,” kata Kepala Bagian (Kabag) Humas Biro Umum, Humas dan Protokol (UHP) Setda DIY Ditya Nanaryo Aji di Yogyakarta, Selasa (10/8/2021).

Ditya menyampaikan pemberian vaksinasi dosis pertama bagi ibu hamil dilakukan pada trisemester kedua kehamilan. Pemberian vaksin dosis kedua bagi ibu hamil disesuaikan dengan interval dan jenis vaksin yang digunakan. Jika usia kehamilan kurang dari 13 minggu maka vaksinasi ditunda.

” Jika memiliki penyakit penyerta dalam kondisi terkontrol dan tidak komplikasi akut amka vaksin dapat diberikan diberikan. Proses skrining bagi ibu hamil dan anak usia 12 sampai 17 tahun dilakukan secara terpisah,” tandasnya.

BERITA REKOMENDASI